Tips Mencegah Kanker

Tips Mencegah Kanker

Tips Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat di rawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan di mulai sejak awal. Langkah-langkah atau bisa disebut sebagai tips mencegah kanker yang akan kita bahas ini ‘mungkin’ tampak sederhana sekali. Namun, jika kebiasaan positif ini kita bangun dan biasakan sejak dini, insyaAllah masa tua kita terhindar dari momok sakit kanker yang mengerikan. Berikut diantaranya:

 

  1. Makan bawang merah

Ini waktu yang tepat untuk membiasakan kita dan keluarga untuk bersahabat dengan bawang merah. Memang, mengkonsumsi bawang merah membuat seseorang mengalami bau nafas (bau mulut). Akan tetapi hal itu bukan berarti serta merta menjauhinya. Bawang merah merupakan makanan sumber antioksidan dan flavonoid paling ajib. Dimana fungsi senyawa tersebut adalah menghambat pertumbuhan sel kanker (termasuk kanker serviks, kanker rahim, dll.).

 

  1. Minum teh hijau

Jika selama ini teh hijau hanya populer digunakan sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan. Kini, siapa saja harus mulai menjadikan teh hijau sebagai daftar minuman rutin (meskipun tidak tiap hari). Senyawa kimia dalam teh hijau, EGCG disebut sebagai bahan kimia sebagai pembasmi sel kanker paling kuat. Direkomendasikan sebagai pencegahan kanker paru-paru, ovarium, prostat, payudara dan usus besar.

 

  1. Ngemil anggur

Sekarang jadi sedikit faham mengapa buah anggur termasuk salah satu buah yang disebut dalam Qur’anul Kariem (QS. An-Nahl:11). Ternyata, anggur ini memang istimewa looh.. Anggur memiliki kandungan yang bernama Resveratrol. Zat itu merupakan senyawa antioksidan aktif yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker di payudara, hati, kelenjar getah bening dan perut.

 

  1. Prioritas ikan laut

Makanan kaya protein berasal dari hewan tentunya bagus untuk fungsi sel dalam tubuh. Namun, konsumsi berlebih khususnya untuk kategori tinggi lemak justru meningkatkan resiko seseorang meninggal dikarenakan penyakit kanker dan serangan jantung. Kurangi daging sapi, stop daging babi. Gantikan dengan ikan laut ataupun ternak unggas organik.

 

  1. Kurangi gorengan

Masyarakat kita seakan tidak bisa lepas sehari tanpa makan menu gorengan (makanan di goreng). Padahal, menu gorengan (khususnya makanan mengandung pati, ex. kentang dan roti) mengandung senyawa kimia akrilamida sebagai bentuk perubahan kimiawi saat memasak dengan cara digoreng. Senyawa itu berpotensi sebagai penyebab kanker. Menggantikan dengan menu rebus adalah tips mencegah kanker paling mudah.

 

  1. Minum kopi

Kopi pada sebagian orang kadang memang menjadi sebuah minuman pantangan ketika orang yang bersangkutan memiliki penyakit tertentu seperti maag, hipertensi dan lain-lain. Namun dalam kondisi normal, minum kopi murni dalam jumlah ‘moderate’ (tidak berlebihan) disebut mampu sebagai tips mencegah kanker otak hingga 40%. (dalam Prevention, 11/12)

 

  1. Minum air putih

Sebelumnya juga telah disinggung betapa hebatnya manfaat air putih (mineral) untuk menjaga kesehatan serta stamina tubuh. Kaitannya dalam upaya tips mencegah kanker, ternyata menjaga kecukupan asupan air putih (cairan) dalam sehari dapat menurunkan resiko seseorang menderita kanker kandung kemih.

 

  1. Menambah asupan kalsium

Seiring dengan perjalanan usia, tubuh manusia akan mengalami kekurangan kalsium sejak usia sekitar 20 tahun-an. Padahal, kalsium merupakan mineral yang memiliki peranan penting dalam tubuh seperti menjaga kesehatan kardiovaskular dan usus. Menjaga kecukupan asupan kalsium sejak anak-anak hingga dewasa merupakan tips mencegah kanker usus besar.

 

  1. Rutin jalan kaki

Di negara-negara maju, seperti amerika dan eropa kini ada sebuah kampanye unik. Mereka sebut jalan kaki sebagai ‘the real medicine’. Karena ternyata, dari berbagai studi yang dirilis pada publik banyak disebutkan bahwa rutin berjalan kaki memiliki efek positif terhadap kesehatan tubuh. Jalan kaki setidaknya 30 menit per-hari dan 5 hari seminggu memiliki korelasi kuat sebagai tips mencegah kanker payudara dan kanker pankreas.

 

Itulah beberapa tips mencegah kanker yang sangat mudah untuk dilakukan. Kanker merupakan penyakit yang mematikan, jadi jangan sampai penyakit ini menyerang Anda. Selagi ada waktu untuk mencegah gunakanlah waktu yang sebaik-baiknya, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat..

 

Tips Mencegah Kanker

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*