Pengobatan Kanker

Pengobatan Kanker

Pengobatan Kanker

Pengobatan kanker selalu menjadi kalimat yang menakutkan bagi setiap orang yang mendengar, maupun bagi mereka yang terpaksa menjalaninya. Ibarat perang, pengobatan penyakit kanker adalah perlengkapan senjata yang dapat Anda andalkan dalam memenangi perang melawan kanker. Tentu saja, senjata yang baik harus efektif untuk digunakan dalam bertahan (melindungi diri) dan untuk menyerang.

Ya, pengobatan kepada kanker yang hendak Anda jalani, harus membawa Anda pada tujuan ini: Membasmi kanker, tanpa mengorbankan kualitas kehidupan Anda, dan tanpa membuat Anda mengalami efek samping serius yang akan membahayakan kehidupan Anda. Mari kita cermati berbagai perkembangan terkini seputar dunia pengobatan kanker baik secara konvensional, maupun alternatif.

 

Pengobatan Kanker Konvensional

Bila Anda divonis terkena kanker, jangan takut, berikut beberapa pilihan terbaik pengobatan penyakit kanker yang tersedia saat ini, secara medis maupun alternatif. Faktanya, kanker bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang benar. Tak bisa dipungkiri, kecanggihan teknologi yang saat ini hampir merambah di semua bidang, termasuk dalam bidang kesehatan, banyak membawa angin segar bagi semua pejuang kanker.

Jika dahulu metode pengobatan penyakit kanker hanya berkisar seputar operasi, kemoterapi, dan radiasi, yang dikenal melelahkan dan menyakitkan, kini, berbagai teknik pengobatan penyakit kanker yang lebih berterima terus-menerus dikembangkan, meskipun sebenarnya metode-metode tersebut merupakan pengembangan teknik dari 3 metode ortodoks tersebut.

 

Masing-masing metode pengobatan dirancang dan disesuaikan pada tipe kanker yang diderita, tingkat penyebaran kanker, dan kondisi tubuh penderita kanker. Gunanya, untuk meminimalisir efek samping pengobatan dan rasa sakit yang tidak perlu, serta memaksimalkan target pengobatan menghancurkan sel kanker dalam tubuh secara selektif tanpa merusak sel/jaringan yang normal. Inilah yang dikenal sebagai metode minimal invasif.

Beberapa terapi, dapat diberikan secara tunggal kepada penderita kanker. Namun, kebanyakan terapi kanker yang disediakan, diberikan dengan berbagai kombinasi. Berikut beberapa metode pengobatan kanker konvensional terkini, yang meskipun belum semua tersedia di Indonesia, tetapi patut Anda ketahui sebagai informasi yang menarik:

  • Embolisasi arteri intercurrent/Penyumbatan pembuluh darah

Pengobatan penyakit kanker embolisasi arteri intercurrent dilakukan dengan menyumbat pembuluh darah yang menutrisi sel kanker, untuk membuatnya ‘mati kelaparan’.

  • Photodynamic

Terapi photodynamic dilakukan dengan memasukkan photosensitizer (obat yang aktif dengan paparan cahaya) ke dalam tubuh, yang kemudian dilanjutkan dengan penyinaran laser untuk mengaktifkan obat tersebut dalam tubuh guna menghancurkan sel kanker.

  • Penanaman biji partikel 125I/Radiopartikel

Partikel 125I, dengan ukuran sepertiga dari biji beras, akan ditanam di sekitar jaringan tumor dengan bantuan alat pemindai. Setelah penanaman, partikel ini akan terus menghasilkan radiasi guna menghancurkan sel kanker yang ditargetkan selama periode 6 bulan, dengan efek penyinaran yang sangat kuat pada 2 bulan pertama.

  • Cyrosurgery ablation/Terapi pembekuan

Cyrosurgery/Cyroablasi dilakukan untuk menghancurkan sel kanker dengan menggunakan perubahan suhu yang ekstrem guna menghancurkan sel kanker.

  • Radiofrequency ablation therapy

Mekanismenya dilakukan dengan memasukkan jarum pada target sel tumor/kanker dengan bantuan alat pindai. Setelah jarum dimasukkan pada sel tumor/kanker, bagian depan jarum tersebut akan terbuka menjadi 10 jarum lagi (seperti pada rangka payung), yang akan menyalurkan aliran listrik berfrekuensi tinggi untuk membakar kanker sampai mati.

 

Patut kita syukuri bahwa berbagai metode pengobatan kanker yang saat ini terus dikembangkan, banyak berkontribusi pada meningkatnya kualitas serta harapan hidup penderita kanker. Namun, perhatikanlah, bahwa tingkat efektifitas hampir semua metode pengobatan kanker di atas, banyak bergantung juga pada keterampilan dokter, disamping faktor teknologi.

Pilihan pengobatan yang ideal dipilih berdasarkan lokasi tumor, stadium kanker dan faktor lainnya yang terkait dengan pasien. Dokter dapat merekomendasikan penggunaan strategis dari pengobatan kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker, suatu kombinasi antara kemoterapi dan terapi radiasi untuk mencegah kanker menyebar ke bagian tubuh lainnya atau cara kombinasi yang lain.

Meskipun teknologi pengobatan kanker tersebut belum banyak diterapkan, termasuk di Indonesia, paling tidak, informasi ini dapat menjadi sumber harapan baru bagi para pejuang kanker, bahwa ada banyak penelitian yang sedang dilakukan saat ini, untuk membantu penduduk dunia memerangi kanker.

 

 

Pengobatan Kanker

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*