Pengobatan Kanker Tulang Belakang

Pengobatan Kanker Tulang Belakang

Pengobatan Kanker Tulang Belakang

Kanker tidak hanya bisa menyerang organ tubuh yang lunak saja, melainkan juga bisa menyerang organ tubuh yang keras seperti tulang. Kanker tulang bisa terjadi pada bagian tulang manapun. Namun yang paling sering terjadi adalah pada tulang belakang dan juga tulang kaki. Kanker tulang belakang itu sendiri bisa terjadi jika tulang belakang ditumbuhi oleh jaringan kanker. Kanker tulang belakang bisa terjadi secara langsung menyerang tulang. Namun ada juga jenis kanker tulang belakang yang merupakan efek dari kanker di organ lain yang terjadi sebelumnya dan menyebar hingga ke tulang belakang.

Pemilihan metode pengobatan harus disesuaikan dengan tingkatan atau parahnya kanker tulang belakang itu sendiri yang terbagi dalam beberapa stadium. Pengobatan kanker tulang belakang yang bisa dilakukan di antaranya:

 

  1. Kemoterapi

Jika bicara tentang kanker, maka salah satu istilah yang sering didengar adalah kemoterapi atau yang sering disebut juga dengan kemo. Kemoterapi adalah metode pengobatan kanker tulang belakang yang memang selalu dilakukan pada penderita kanker. Cara kerjanya adalah untuk membunuh sel dan jaringan kanker yang mulai atau sudah berkembang di dalam tubuh, termasuk kanker tulang belakang. Tapi kemoterapi ini bisa memberikan efek samping yang cukup melemahkan sistem pertahanan tubuh juga, karena saat kemo dilakukan, bukan hanya sel kanker yang mati, namun juga sel-sel yang sehat. Kemoterapi sering juga membuat penderitanya lemas dan juga rambut rontok. Maka dari itu kemoterapi tidak bisa dilakukan sering-sering. Tujuannya agar tubuh bisa mengembalikan kebugarannya terlebih dahulu. Kemo bisa dilakukan secara suntikan atau secara telan seperti minum obat.

 

  1. Amputasi

Salah satu cara pengobatan kanker tulang yang sudah parah adalah amputasi. Amputasi ini sendiri adalah pemotongan atau pengangkatan tulang. Jalan ini diambil jika sel kanker sudah menggerogoti tulang dengan cukup parah. Agar tidak menyebar semakin luas dan menjangkiti tulang atau organ tubuh lainnya, maka amputasi perlu dilakukan dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran jaringan kanker. Cara pengobatan kanker tulang belakang ini biasanya direkomendasikan oleh dokter untuk pasien yang memang ingin benar-benar terbebas dari kanker tulang itu sendiri.

 

  1. Radioterapi

Pengobatan kanker tulang belakang berikutnya adalah radioterapi. Radioterapi merupakan salah satu pengobatan yang dilakukan dengan metode memancarkan radiasi ke pada bagian tubuh yang terinfeksi kanker dengan sebuah energi tertentu. Tujuan dan manfaat dari pengobatan ini adalah untuk menghambat kinerja sel kanker dan melemahkannya sehingga sel kanker tidak bisa atau kesulitan untuk berkembang lagi. Namun seperti kemoterapi, radioterapi juga memiliki efek samping yang serupa. Hal ini dikarenakan sel yang sehat juga ikut terkena pancaran radiasi sehingga ikut terhambat metabolisme dan kinerjanya. Beberapa efek samping yang bisa dirasakan oleh pasien kanker yang menjalani radioterapi antara lain rambut rontok, sariawan, mudah lelah, ruam pada kulit, dan masih banyak lagi. Efek samping ini bisa berhenti jika pengobatan dengan radioterapi dihentikan.

 

  1. Imunoterapi

Metode pengobatan kanker tulang belakang lainnya adalah metode imunoterapi. Metode pengobatan ini adalah metode pengobatan pendamping selain kemo dan radioterapi. Imunoterapi ini hadir sebagai salah satu solusi yang bisa diberikan untuk mengurangi efek samping dari kemo dan juga radioterapi, dimana dalam metode ini, imunitas tubuh penderita pasien akan ditingkatkan. Hal ini memang perlu dilakukan mengingat kemo dan radioterapi masih menjadi pola pengobatan kanker yang masih digunakan, namun efek sampingnya juga cukup banyak karena bisa melemahkan sistem imun tubuh. Imunoterapi bekerja untuk memperbaiki sistem imun atau sistem pertahanan tubuh supaya pasien kanker tidak terlihat lesu dan lemas serta pucat dan mudah sakit.

 

  1. Memanfaatkan Obat-obatan Herbal

Ada juga pasien kanker yang lebih mempercayakan pengobatannya pada obat-obatan herbal. Cara ini dimaksudkan untuk mengobati kanker dan penyakit TBC tulang biasanya akan dilakukan pengobatan secara alami tanpa harus melakukan terapi seperti kemo maupun radioterapi. Selain itu, obat-obatan herbal juga cenderung tidak memiliki efek samping seperti kemoterapi maupun radioterapi. Lagipula, harga obat-obatan herbal untuk kanker juga jauh lebih murah daripada pengobatan dengan terapi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sehingga akan lebih bisa dijangkau oleh pasien yang menengah ke bawah dalam segi ekonominya. Beberapa obat herbal untuk kanker yang paling umum adalah jus kulit manggis atau juga sarang semut. Kedua bahan itu mengandung flavonoid yang efektif untuk membunuh sel kanker yang menyerang tulang belakang.

 

  1. Donor Sumsum Tulang Belakang

Donor sumsum tulang belakang banyak dilakukan di luar negeri sebagai salah satu alternatif pengobatan kanker tulang belakang yang cukup baik. Namun di Indonesia cara ini kurang berkembang. Beberapa pasien dari kanker tulang belakang bahkan bisa mendapatkan efek terbaik dari donor sumsum tulang belakang ini.

 

Cara kesembuhan kanker tulang belakang, yang harus kalian ketahui juga dengan cara yang mudah dan gampang sebagai berikut:

  • Peluang pasien kanker tulang belakang untuk mendapatkan kesembuhan tergantung dari parahnya kanker tersebut. Jika diagnosis menunjukkan bahwa kanker tulang belakang ini masih stadium awal, maka bisa jadi pengobatan berpeluang tinggi untuk sembuh.
  • Sebaliknya, jika diagnosis sudah menunjukkan kanker dalam level atau stadium tinggi, maka tentu saja peluang kesembuhannya lebih rendah.
  • Bahkan pada kasus kanker tulang belakang stadium akhir, sel kanker tidak bisa dimusnahkan, dan hanya bisa diperlambat saja penyebarannya. Maka dari itu deteksi dini perlu dilakukan sebelum sel kanker menyebar dengan pesat.
  • Deteksi dini juga bisa mencegah jaringan kanker lebih cepat diketahui sehingga lebih cepat diobati. Dengan demikian risiko terburuk dari kanker tulang belakang bisa dicegah.

 

Demikianlah beberapa cara pengobatan kanker tulang belakang yang bisa dilakukan. Selalu lakukan pencegahan dengan menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, segera periksakan ke dokter jika gejala kanker tulang belakang sudah mulai dirasakan agar deteksi bisa segera dilakukan. Obati dengan cara yang sesuai sehingga kanker bisa segera mereda dan sembuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

 

Pengobatan Kanker Tulang Belakang

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*