Dampak Buruk Kanker Tulang

Dampak Buruk Kanker Tulang

Dampak Buruk Kanker Tulang

Kanker tulang merupakan salah satu sub bagian dari kanker tulang, dimana terdapat suatu sel kanker yang tumbuh dan juga berkembang dan menyerang bagian tulang tubuh pasiennya. Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang cukup jarang terjadi pada manusia, apabila dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, seperti kanker payudara, kanker usus dan juga kanker hati. Meskipun demikian, kanker tulang pun harus diperhatikan, karena dapat menyebabkan berbagai macam masalah bagi kesehatan tulang kita.

Kanker tulang disebabkan oleh suatu persoalan dengan sel-sel yang membentuk tulang, lebih dari 2,000 orang-orang didiagnosis di Amerika setiap tahun dengan suatu tumor tulang. Tumor-tumor tulang terjadi paling umum pada anak-anak dan remaja-remaja dan lebih kurang umum pada orang-orang dewasa yang lebih tua.

Penyebab kanker tulang sendiri masih sulit untuk di ketahui dan yang pasti gaya hidup yang tidak sehat menempati peringkat pertama yang dapat meningkatkan faktor resiko terserang kanker. Selain itu, konsumsi alkohol dan merokok yang berlebihan juga merupakan salah satu faktor lainnya yang dapat memunculkan kanker tulang. Berbeda seperti jenis kanker lainnya, kanker tulang tidaklah disebabkan oleh penularan dari kanker, sehingga kanker tulang ini merupakan kanker yang muncul dengan sendirinya.

 

Stadium Kanker Tulang

Untuk mengetahui parah atau tidaknya suatu kanker, biasanya didefinisikan dengan tahapan berupa grade atau stadium. Berikut ini adalah grade atau stadium dari kanker tulang dan juga kanker tulang :

Beberapa ciri-ciri pada kanker tulang stadium I A ini antara lain :

  • Tumor berada pada grade 1 atau grade 2 ( posisi grade terendah )
  • Ukuran tumor lebih kecil dari 8 cm
  • Tumor belum menyebar ke kelenjar getah bening atau organ lainnya

Kanker tulang, sama seperti berbagai jenis kanker lainnya sudah pasti akan membahayakan pasiennya. Apa saja dampak buruk kanker tulang dan juga kanker tulang ini? berikut ini adalah beberapa dampak buruk kanker tulang :

 

  1. Dapat menyebabkan pengeroposan pada tulang

Dampak buruk kanker tulang dari gejala kanker tulang adalah sudah pasti dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada tulang. Hal ini akan menyebabkan bagian tulang dapat mengalami pengeroposan, yang tentunya dapat menyebabkan struktur tulang yang menjadi tidak normal.

 

  1. Posisi tubuh yang menjadi tidak normal

Hal ini merupakan lanjutan dan juga efek domino yang muncul karena terjadinya pengeroposan tulang. Pengeroposan tulang dapat menyebabkan posisi tubuh dari penderitanya menjadi tidak normal, seperti menjadi terlalu membungkuk, kondisi tulang punggung yang miring dan juga berbagai masalah lainnya.

 

  1. Rasa nyeri dan sakit yang luar biasa pada punggung

Munculnya sel kanker pada bagian tulang juga akan menyebabkan munculnya rasa sakit dan juga nyeri yang luar biasa dan juga berlebihan pada bagian punggung. Hal ini akan terasa sangat menyiksa dan juga tidak tertahankan, seperti merasakan sakit punggung, namun terjadi secara terus menerus.

 

  1. Sulit untuk bergerak

Rasa sakit yang muncul pada bagian tulang dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih sulit dalam bergerak, sehingga penderita kanker tulang akan lebih banyak diam. Hal ini akan berefek pada kondisi tubuh yang tidak terlalu banyak bergerak, sehingga dapat berpengaruh pada penurunan metabolisme tubuh dan dapat menyebabkan tubuh mengalami berbagai macam gangguan kesehatan. Namun kesulitan bergerak juga ditemui pada gejala kanker otak.

 

  1. Pembengkakan pada bagian tulang

Dampak buruk kanker tulang adalah munculnya pembengkakan pada bagian punggung dan juga tulang, sama seperti ciri-ciri dari kanker lainnya. Dalam tahapan yang parah dan sudah mencapai stadium akhir, kanker tulang dapat lebih berbahaya, karena dapat menyebabkan :

  • Kelelahan
  • Anemia
  • Menyebarnya sel kanker pada bagian tubuh lainnya
  • Berkurangnya imunnitas tubuh
  • Rasa nyeri pada bagian tubuh lain yang terinfeksi kanker
  • Mudah terinfeksi oleh penyakit
  • Rasa sakit kepala dan pusing yang berlebihan

 

Gejala kanker tulang stadium lanjut ini akan sangat berbahaya, karena memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk menginfeksi kelenjar getah bening. Apabila kelenjar getah bening sudah terinfeksi oleh kanker, maka kanker akan lebih mudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, sehingga dapat menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit.

 

Seperti Ini Cara Mengobati Kanker Tulang

Mulai dari kemoterapi hingga operasi dapat dilakukan guna mengatasi penyakit ini. Untuk menyembuhkan kanker tulang, pengobatan utama umumnya berupa operasi pengangkatan. Meski tulang yang terkena kanker diangkat, namun bukan berarti bagian tubuh pasien diamputasi. Pada kondisi tertentu, otot dan jaringan lain yang ada di sekitar kanker juga harus diangkat. Selain operasi, kemoterapi juga mungkin diperlukan untuk mengobati kanker tulang jenis tertentu. Selain itu, pengobatan untuk jenis chondrosarcoma dilakukan dengan radiasi. Jika kanker jenis Ewing’s Sarcoma tidak merespons positif kemoterapi dosis tinggi, mungkin dibutuhkan terapi radiasi atau stem cell.

 

 

Demikianlah artikel mengenai dampak buruk kanker tulang. Jangan lupa untuk konsultasikan langsung dengan dokter terpercaya atau terdekat Anda jika ada suatu hal yang Anda curigai sebagai kanker tulang. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua dan juga dapat menambah wawasan Anda semua.

 

 

Dampak Buruk Kanker Tulang

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*